Barudak Hai… Fatawa


Menghadiahkan Bacaan Al-Qur’an Kepada Orang Mati (Mayyit)

MediaMuslim.Info – Suatu hal yang wajar bahkan merupakan perbuatan mulia bagi kita untuk mengharapkan keselamatan dan kebahagian bagi keluarga atau karib kerabat ataupun orang yang kita kenal dan cintai untuk mendapatkan keselamatan bukan hanya didunia namun juga ketika berada di akhirat. Dengan harapan demikian, terdapat sebagian kaum Muslimin yang melaksanakan berbagai ritual  dengan niat untuk memberikan kebaikan bagi orang yang telah meninggal, salah satunya adalah menghadiakan bacaan Al-Qur’an kepada orang yang telah meninggal tersebut. Namun, apakah pahala membaca Al-Qur’an dan bentuk-bentuk ibadah lainnya sampai kepada mayyit, baik dari anak-anaknya ataupun dari selain mereka?

Berikut ini kutipan Fatwa Ulama mengenai jawaban terhadap pertanyaan diatas.

Sepanjang yang kami ketahui, bahwa berdasarkan riwayat yang shahih, Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah membaca Al-Qur’an dan menghadiahkan pahalanya kepada para mayyit baik mereka itu dari kerabat-kerabatnya ataupun selain mereka. Andaikata pahalanya sampai kepada mereka tentu beliau akan selalu konsisten melakukannya dan menjelaskannya kepada umatnya agar mereka dapat memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi mayyit-mayyit mereka sebab sesungguhnya beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang sangat kasih dan sayang terhadap orang-orang yang beriman.

Para al-Khulafaur Rasyidun dan seluruh shahabat radhiallahu ‘anhum yang hidup setelah beliau tetap mengikuti petunjuk beliau dalam masalah ini. Kami tidak mengetahui (berdasarkan literatur-literatur yang dibaca-penj) bahwa ada salah seorang dari mereka menghadiahkan pahala bacaan Al-Qur’an kepada orang lain (mayyit). Sungguh kebaikan dari seluruh kebaikan adalah dengan cara mengikuti petunjuk beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan petunjuk para al-Khulaur Rasyidun dan seluruh shahabat radhiallahu ‘anhum sesudah beliau, sedangkan kejelekan dari seluruh kejelekan adalah dengan cara mengikuti perkara-perkara yang tidak pernah ada tuntunannya dan urusan-urusan yang mengada-ada dalam agama sebab Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingatkan hal tersebut dengan sabdanya, yang artinya: “Berhati-hatilah terhadap urusan-urusan yang mengada-ada dalam agama, karena sesungguhnya setiap urusan yang mengada-ada (dalam agama tersebut) adalah bid’ah dan setiap bid’ah adalah sesat”.

Dan sabda beliau yang lain, yang artinya: “Barangsiapa yang berbuat sesuatu yang baru (mengada-ada) dalam urusan kami ini (agama); sesuatu yang bukan berasal darinya maka hal itu adalah ditolak”.

Maka berdasarkan Archieve Hadits-Archieve Hadits tersebut, tidak boleh membaca Al-Qur’an untuk mayyit dan tidak sampai pahala bacaannya kepada mereka bahkan hal itu termasuk bid’ah. Adapun mengenai bentuk ibadah-ibadah yang lain, maka bila ada diantaranya yang berdasarkan kepada dalil yang shahih bahwa pahalanya sampai kepada mayyit maka wajib menerimanya seperti bersedekah untuknya (mayyit), mendoakannya dan menghajikannya. Sedangkan bila (diantaranya) tidak berdasarkan kepada dalil yang shahih maka hal itu tidak masyru’ (disyari’atkan) hingga ada dalil yang membolehkan/mensyari’atkannya.

Maka berdasarkan hal ini (ditegaskan lagi) bahwa tidak boleh membaca Al-Qur’an buat mayyit dan tidak sampai pahala bacaannya kepada mereka menurut pendapat ulama yang paling shahih dari dua pendapat yang ada, bahkan hal itu termasuk bid’ah. Wabillâhit taufiq. Washallallâhu ‘ala nabiyyina Muhammad wa âlihi washahbihi wasallam.

(Sumber Rujukan: Fatawa al-Lajnah ad-Dâimah lil Buhuts al-‘Ilmiyyah wal Ifta’, IX/ 42-44, no. 2232)


Kantunkeun Pairan so far
Tunda talatah



Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s



%d bloggers like this: